RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/
Semester Satu
Materi Pokok :
Fakta dan Opini
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2. Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri
sendiri dan orang lain.
3. Memahami
perbedaan antara fakta dan opini.
Indikator
1)
Memahami fakta dan opini melalui lisan
maupun tulisan
2)
Mampu membedakan fakta dan opini secara
lisan maupun tulisan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui membaca paragraf fakta dan opini peserta
didik dapat menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat tentang fakta dan
opini dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
D.
Materi
Pembelajaran
Memahami fakta dan opini baik
melalui lisan maupun tulisan.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Model :
Discovery Learning
3. Metode : Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
Media : Teks fakta dan opini
Alat
dan bahan : fakta dan opini
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Pendahuluan ( 5 menit )
1)
Peserta didik
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan
kelas.
2)
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru tentang terkaitan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari
3)
Untuk
memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran memahami, guru menampilkan
satu fakta
dan opini
4)
Peserta didik
disiapkan untuk mengikuti pembelajaran tentang fakta dan opini
dengan menanyakan fakta dan opini yang pernah mereka baca.
5)
Peserta didik
menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6)
Peserta didik
menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (10 menit)
Mengamati
·
Peserta didik membaca fakta dan opini
dengan
cermat.
Menanya
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
mengajukan pertanyaan berpedoman dengan kata tanya apa, di mana, bagaimana,
mengapa sesuai dengan isi paragraf fakta dan opini
Mengumpulkan data
·
Peserta didik diarahkan membentuk
kelompok dengan anggota terdiri atas 4-5 orang/kelompok.
·
Peserta didik mendiskusikan hasil
pekerjaan kelompok dari struktur isinya dengan jujur, percaya diri dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi dari kelompok masing-masing.
Mengomunikasikan
·
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang teks biografi dengan jujur ,
percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·
Kelompok lain
menanggapi presentasi kelompok dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan
·
Tanggapan
kelompok memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan kelompok
lain
·
Dengan
dibimbing pendidik, peserta didik menyimpulkan isi paragraf
fakta dan opini
c.
Penutup ( 5 menit)
1)
Dengan bimbingan pendidik, peserta didik
menyimpulkan materi pembelajaran tentang paragraf fakta dan opini
2)
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran
berlangsung.
3)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh pendidik.
4)
Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.
5)
Peserta didik menerima rencana kegiatan berikutnya berupa bacaan teks.
Penilaian
Sikap spiritual dan sosial
a.
Teknik penilaian : observasi
b.
Bentuk : lembar observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Nama Peserta didik
|
Religius/PBI
|
Jujur
|
Percaya Diri
|
skor
|
Nilai
|
Konv
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
Pedoman
penilaian sikap:
Skor: jumlah perolehan angka seluruh
aspek
Nilai: skor yang diperoleh
x 100
Skor
maksimal
Konversi Nilai: (nilai/100)x4
Kategori nilai dapat dilihat pada tabel
konversi nilai sikap (K, C, B, SB)
Penilaian pengetahuan
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Pilihan kata
a.
Tepat dan sesuai
b.
Kurang tepat dan sesuai
c.
Tidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
2.
|
Isi
a.
Lengkap dan terinci
b.
Lengkap tetapi kurang terinci
c.
Kurang lengkap dan terinci
d.
Kurang lengkap dan kurang terinci
|
4
3
2
1
|
3.
|
Pilihan kata
a.
Tepat dan sesuai
b.
Kurang tepat dan sesuai
c.
Tidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
Penilaian keterampilan
a. Teknik : tes ujuk kerja
b. Bentuk : tes unjuk kerja dan rubrik
c. Instrumen
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Isi
a. Lengkap
dan terinci
b. Lengkap
tetapi kurang terinci
c. Kurang
lengkap dan terinci
d. Kurang
lengkap dan kurang terinci
|
4
3
2
1
|
2.
|
Organisasi
a. Teratur
dan logis
b. Teratur
tetapib tidak logis
c. Kurang
teratur dan logis
d. Kurang
teratur dan kurang logis
|
4
3
2
1
|
3.
|
Pilihan kata
a. Tepat
dan sesuai
b. Kurang
tepat dan sesuai
c. Tidak
tepat dan sesuai
|
4
3
2
1
|
4.
|
Kalimat
a. Mudah
dipahami
b. Sedikit
sulit dipahami
c. Sulit
dipahami
|
4
3
2
1
|
5.
|
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak
ada yang salah
b. Sedikit
yang salah
c. Banyak
yang salah
|
3
2
1
|
0 komentar:
Posting Komentar